Jenis sablon manual yang berkualitas

Jenis sablon manual yang berkualitas

Sablon Kaos Berkualitas

 

Tehnik bikin atau sablon kaos dengan cara manual adalah tehnik paling populer didunia penyablonan maupun percetakan. Selain perlengkapannya terjangkau serta simpel, kwalitas sablon kaos dengan cara manual juga rasa-rasanya belum dapat tertandingi.

Walau dibanding dengan sablon kaos dengan cara digital meskipun. Walau ada kaos yang berkwalitas tinggi, pastinya sablon kaos dengan cara digital harga nya tak semurah pada sablon jogja memakai tehnik manual. Dengan makin meningkatnya keperluan bakal sablon kaos dengan cara manual pasti bikin sablon dengan cara manual ini semakin popular. Terdapat banyak type sablon kaos dengan cara manual di bawah ini!

Pigmen

Pigmen adalah bubuk untuk pewarna tinta pada sablon dengan karakter yang meresap pada serat kain. Sablon type ini cuma bisa dipakai untuk bahan berwarna jelas pada kaos saja. Material ini tidak bisa disablon untuk kain kaos berwarna gelap dikarenakan ciri-cirinya tidak dapat untuk menaklukkan ciri-ciri dari pewarna serat kain nkaos. Begitu warna yang ada pada tinta pigmen juga tidak nampak.

Dikarenakan memiliki ciri-ciri menyerap serta tidak tebal, biasanya untuk kaos yang bersablon pigmen juga bakal tetaplah terlihat struktur kainnya meskiipun sudah disablon. Mengenai warna yang didapat cat pigmen ini condong tampak solid serta lebih rata bila dari pada tinta type yang lain. Type sablon pigmen ini begitu ideal diterapkan untuk desain kaos lebar atau besar sebab cuma menggunakan tinta sablon sedikit.

Plastisol

Type sablon kaos manual yang satu ini termasuk juga type tinta pada sablon yang berbasiskan PVC atau minyak. Satu diantara kelebihan sablon plastisol ini yakni kemampuannya dalam cetak raster atau dot dengan ukuran yang super kecil tetapi dapat membuahkan kwalitas sempurna.

Cuma saja sayangnya, sablon type ini termasuk juga type sablon dengan harga yang tinggi dari mulai cost perlengkapan serta bahan bakunya. Diluar itu hasil dari sablonan type plastisol ini tidak bisa kering pada suhu dibawah 160 derajat celcius hingga jadikan plastisol membutuhkan perlengkapan penambahan supaya dapat mengeringkannya.

Agar bisa mengeringkannya dengan optimal, sekurang-kurangnya tinta sablon itu perlu beragam perlengkapan, umpamanya flash curing, conveyor curing, hot gun atau cahaya infra merah. Karena tinta ini berupa minyak dan tidak dapat kering sendirinya sama seperti tinta waterbase. Setelah pengeringan dengan pas, jadi tinta plastisol juga memiliki daya rekat tambah baik.

Discharge

Sablon discharge dimaksud sebagai sablon type cabut warna yaitu tehnik sablon dengan cara manual dengan hasil tintanya bisa merubah warna pada bahan kaos menggunakan warna tintanya. Seperti kaos yang berwarna hitam yang disablon menggunakan tinta discharge yag berwarna putih. Begitu setelah disablon jadi bahan kaos sablon juga warnanya bakal beralih putih.

Mengenai tinta dari sablon discharge sendiir termasuk juga hasil kombinasi tinta superwhite berbarengan binder sebagai pendukung spesial atau bubuk. Binder ataupun bubuk ini diformulasikan supaya dapat menonaktifkan pewarna yang diapakai dalam kain alami. Pada tehnik discharge ini hasil sablon juga terlihat lebih lembut serta warnanya tampak lebih alami.

Beludru atau Flocking

Sablon beludru atau flocking ini adalah sablon manual yang dapat membuahkan nuansa beludru. Di mana dasarnya beludru sendiri termasuk juga material plastik sintesis memiliki serat umpamanya pada kulit. Type sablon flocking ini sesungguhnya tidak sama dari yang lain sebab baru bisa diterapkan untuk satu warna saja dan cuma berupa satu tulisan yang simpel.

Mengenai deskripsi umum dari tehnik penyablonan flocking ini yakni lewat cara memberikan taburan bubuk atau kertas diatas lem pasta atau flocking lantas biarkan tersisa serta ikuti lem berdasar pada memiliki bentuk.

Leave a Reply