Tips mendaki Gunung  Rinjani bagi pemula

Tips mendaki Gunung Rinjani bagi pemula

Tips Mendaki Gunung Rinjani

Untuk anda yang sukai bakal tantangan berbentuk penjelajahan alam terlebih pendakian satu gunung tentunya tidaklah hal yang tabuh tentang keindahan dari Gunung Rinjani (Baca: Mount Rinjani)

Gunung Rinjani yakni satu gunung berapi paling tinggi ke-2 di Indonesia yang ada di Pulau Lombok dengan ketinggian meraih 3. 726 mtr. di atas permukaan laut.

Gunung yang letaknya ada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini sering kali jadi maksud paling utama untuk beberapa pencinta gunung bukan sekedar yang dari indonesia bahkan juga yang dari mancanegara.

Hal semacam ini pastinya karena Gunung Rinjani mempunyai sejuta pesona keindahan alam sebagai daya tarik sendiri dibanding dengan gunung gunung yang lain.

Kehadiran danau Segare anak di Gunung Rinjani juga memberi nilai keindahan dari satu diantara gunung ini. satu danau yang terwujudkan akibat letusan Gunung sebagian tahunsilam.

pendakian ke Gunung Rinjani ini tidaklah hal yang gampang, walau demikian sepanjang ada hasrat kita jadi bukanlah mustahil ada di puncak dari Gunung Rinjani ini dapat anda mewujudkan.

Nah untuk anda yang mempunyai hasrat untuk mendaki Gunung Rinjani, berikut sebagian Panduan dari #WisataLombok untuk anda yang masihlah pemula yang butuh diperhatikan.

Tetapkan Saat Paling baik untuk lakukan pendakian

Saat akan menginginkan mendaki satu gunung pastinya hal yang pertama yan butuh di kenali adalah kapan saat paling baik untuk lakukan pendakian. Saat lakukan ke Gunung Rinjani senantiasa di informaikan terlebih dulu oleh pemda pengelola yakni di antara bln. maret hingga bln. Agustus. Kegiatan Trekking Rinjani sangat banyak kita temukan

Untuk anda yang masihlah pemula baiknya hindari bln. bulan yang besar kemungkinan bakal di padati oleh beberapa wisatawan yakni ketika berlibur panjang, 17 agustus, serta yang lain.

Tetapkan Berapakah hari yang anda perlukan untuk mendaki

memikirkan ketinggian dari Gunung Rinjani ini, pastinya tidak bisa kita daki kurun waktu yang singkat. Sekurang-kurangnya kita memerlukan saat sepanjang 5 hari untuk mendaki Gunung Rinjani.

Tetapi sekian hari saja kita telah dapat untuk mendaki gunung rinjani bergantung seberapa banyak peserta dalam tim kita yang turut. umumnya makin banyak peserta pendaki yang turut jadi bakal makin lama. lantaran kemampuan serta keadaan fisik seorang pastinya berbeda satu dengan yang lain.

Tetapkan apa yang anda perlukan sepanjang pendakian

Panduan setelah itu untuk mendaki Gunung Rinjani yang butuh di perhatikan yaitu memastikan item item apa sajakah yang bakal anda butuhkan sepanjang pendakian.

satu diantara item yang harus dibawa saat pendakian Gunung yaitu gaiter serta trekking pole. ke-2 item ini bakal begitu anda perlukan saat pendakian.

Mendaki satu gunung terlebih satu diantara gunung paling tinggi di Indonesia rasa-rasanya belum komplit jika anda tak mengabadikan peristiwa sepanjang mendaki, mengingat di Gunung rinjani juga ada danau Segare Anak dengan pesona keindahan yang demikian memukau jadi jangan sampai hingga terlupakan untuk membawa kamera umum ataupun kamera waterproof bila anda akan mengambil gambar ketika mandi.

Tetapkan jalur pendakian yang bakal anda gunakan

Setelah itu yakni memastikan jalur mana yang bakal anda pakai untuk mulai lakukan pendakian. Jalur pendakian yang ada untuk menuju puncak Gunung Rinjani ada dua yakni melalu jalur samping timur yakni di senaru serta jalur sembalun di samping timur.

Di antara ke-2 jalur ini, jalur yang paling banyak di lewati oleh beberapa pendaki serta adalah jalur paling baik yakni jalur samping timur di sembalun. walau di jalur ini begitu panas bakal sinar matahari walau demikian jalur ini lebih cepa menuju puncak Rinjani. Jalur sebalun juga umumnya dipakai oleh beberapa pendaki lokal sedang jalur senaru di pakai oleh beberapa pendaki dari luar daerah.

Jalur jalur pendakian Gunung Rinjani

Terdapat banyak jalur pendakian yang resmi di buka untuk umum untuk lakukan pendakian gunung setinggi 3. 7. 26 mtr. diatas permukaan laut ini, tersebut salah satunya.

Jalur Senaru

jalur yang pertama namun bukanlah yang paling uama yakni jalur senaru. Jalur ini yaitu yang paling ramai lantaran terkecuali di gunakan sebagai jalur pendakian, jalur ini dapat kerapkali dipakai orang-orang setempat sebagai jalur menuju puncak Gunung Rinjani mauppun Segare Anak untuk lakukan ritual kebiasaan keagamaan.

Rute pendakian ini mencakup senaru, pelawangan, danau Segare Anak. untuk meraih ke tempat ini anda memerlukan saat kira-kira 12 jam baru lalu dari Danau Segare Anak menuju ke puncak Gunung Rinjani memerlukan saat lebih kurang 9 jam dengan melalui pelawangan sembalun.

Jalur Sembalun

jalur yang ke-2 ini sangat pas buat anda yang sukai nikmati panorama indah. Selama perjalanan anda bakal disuguhi dengan panorama padang savana dan punggung gunung yang berliku dengan panorama perbukitan dikiri serta kanan anda.

Rute yang bakal anda lalui dari jalur sembalun adalah pintu gerbang Sembalun Lawang, lalu Pelawangan Sembalun, serta tibalah anda di puncak Gunung Rinjani dengan saat tempuh lebih kurang 10 jam. jalur sembalun ini tidaklah sangat susah walau demikian cukup panas terlebih saat melalui padang savana.

Jalur Torean

Apabila anda melalui jalur torean ini, anda bakal disuguhi dengan keindahan flora serta fauna yang bakal temani selama perjalanan anda

Rute yang bakal anda lalui yaitu Dea Torean menuju Kali Tiu yang disebut Pos pertama pendakian Gunung Rinjani. trek atau rute yang bakal anda lewati bila akan mulai lakukan pendakian lewat jalur ini adalah dataran yang mempunyai tingkat kemiringan meraih 20-45 derajat.

Jarak pada Desa Torean s/d batas akhir pos 1 yaitu sekitaran 5 Km.. jalur yang cukup di favoritkan lantaran diapit oleh 2 gunung dan anda dapat nikmati aliran sungai Putih.

Leave a Reply